Selasa, 02 Februari 2010

KEKUATAN WAKTU

Sudahkah anda menghargai waktu semaksimal mungkin? Tuhan memberi waktu 24 jam setiap hari, tapi seberapa pandai kita menggunakannya untuk hal-hal yang bermanfaat, untuk diri sendiri, maupun untuk orang yang kita sayangi?

Bila kita menyia-nyiakan wakt, sama halnya kita mematikan masa depan, karena waktu akan terus berjalan, meningglakan kita. Waktu pun tak dapat diputar balik. Sebab itu, maksimalkan waktu dengan sepenuh hati, gunakan dengan bijak, lakukan hal-hal positif.


KELOLA WAKTU

Ada beberapa cara mengelola waktu, diantaranya :

  1. Buat jadwal kerja

Biasakan anda memiliki “sekretaris”. “Sekretaris” disini tidak harus manusia, namun bisa saja jadwal kerja anda dimasukkan ke dalam agenda atau ponsel, yang intinya Anda harus membuat jadwal kerja dengan memperhitungkan skala prioritas, dahulukan yang paling penting.

  1. Tidur lebih larut, bangun lebih awal

Untuk menambah waktu dan memaksimalkan waktu anda, biasakan tidur lebih larut satu jam dan bangun lebih awal satu jam dari biasanya. Kelebihan waktu ini bisa digunakan untuk mengobrol dengan keluarrga, sehingga keluarga akan menjadi lebih harmonis.

  1. Jangan tunda pekerjaan

Segera lakukan sekarang juga. Dengan menunda pekerjaan, waktu yang terus berjalan akan membuat anda terus ketinggalan langkah.

  1. Lakukan hal-hal positif

Untuk menghargai waktu yang kita miliki, lakukan hal-hal yang positif di dalam hidup ini, seperti membaca buku-buku positif, menulis, berolah raga, dan lain-lain. Jangan membuang waktu dengan hal-hal yang tidak produktif, seperti terlalu banyak menonton televisi atau tidur.

  1. Gunakan teknologi

Jika teknologi dapat membantu proses memaksimalkan waktu Anda, manfaatkanlah sekemampuan Anda. Namun, gunakanlah dengan bijak.

  1. Investasikan waktu

Menginvestasikan waktu sangatlah penting. Hal itu kadang sangat diacuhkan orang dan disepelekan. Padahal apa yang kita kerjakan dan lakukan saat ini akan menentukan nasib kita di masa depan. Jika saat ini lebih banyak menyia-nyiakan waktu dan tak memanfaatkannya dengan maksimal, maka jangan harap di masa depan kita bisa meraih semua tujuan, baik karier maupun keluarga.


Ingatlah,

waktu tak dapat kembali dan akan terus berjalan. Jalan satu-satunya adalah terus mengrjar dan menjajarkan diri dengan waktu supaya kita tak semakin tertinggal dalam persaingan hidup ini.

Jangan sekalipun meremehkan aktivitas yang kita lakoni sekarang karena hal itu akan berdampak pada nasib kita di masa depan.

Banyak orang menyesal, ketika di masa muda ia tidak memaksimalkan waktunya, sebab banyak dipakai untuk hal tak berguna yang tak ada hubungannya dengan produktifitas sebagai modal untuk membangun masa depan.

Mulai sekarang, kembangkan kepekaan, baik terhadap lingkungan sekitar, keluarga, maupun teman kerja. Semua itu dimaksudkan agar keberadaan kita disenangi dan dapat menangkap peluang lebih dulu yang berhubungan dengan masa depa kita. Sadarilah kekuatan waktu, yang meskipun tak tampak dan tak terasa, pasti ia akan menghanyutkan kita ke masa depan.

Siapa kita nanti, tergantung apa yang kita lakukan saat ini. (Johanes Ariffin Wijaya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar